Sabtu, 21 Juli 2018

Cara Mengunci Aplikasi di Android dengan / tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi pada Android
Gambar : Pexels

Hai tekno lovers, gimana kabarnya? Mudah – mudahan sehat selalu ya?

Pada postingan kali ini, kami akan berbagi cara untuk mengunci aplikasi pada HP / Tab Android.

Mengunci aplikasi, terutama aplikasi yang mengandung privasi, sangat perlu dilakukan. Mengapa? Karena bisa saja suatu saat, atau mungkin beberapa di antara anda sudah ada yang pernah mengalami di mana anda berjumpa dengan teman yang ‘katanya’ ingin meminjam HP untuk menelfon atau sekedar mendengarkan musik tapi ia malah diam – diam membuka privasi anda. Tentu hal ini sangat menjengkelkan bukan?

Oleh karena itu, untuk melindungi privasi anda dari tangan orang – orang jahil, anda bisa menggunakan kunci aplikasi. Dengan menggunakan kunci aplikasi, orang – orang tidak akan dapat membuka aplikasi anda, KECUALI jika ia mengetahui kata sandi (password) atau pola pengaman (pattern) anda.

Baiklah, bagi anda yang tertarik untuk menambahkan kunci pada aplikasi anda, silahkan ikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini.

Baca juga :


Cara Mengunci Aplikasi pada HP / Tab Android

Pada tutorial ini, ada 2 jenis cara mengunci aplikasi yang kami bagikan :

1. Cara untuk mengunci aplikasi tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga
2. Cara untuk mengunci aplikasi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga

Jika kebetulan perangkat anda telah dibekali dengan fitur Kunci Aplikasi, maka anda tinggal mengaktifkan fitur tersebut pada menu Setelan / Pengaturan (Settings) perangkat anda untuk mengunci aplikasi – aplikasi anda.

Adapun bagi anda yang perangkatnya belum dibekali dengan fitur kunci aplikasi, anda tidak perlu berkecil hati, karena anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi – aplikasi anda. Anda cukup mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi pihak ketiga tersebut dari Play Store.

Cara Mengunci Aplikasi pada HP / Tab Android Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Sebagaimana yang tadi kami katakan, bahwa beberapa perangkat memang telah dibekali dengan fitur Kunci Aplikasi. Salah satu produsen yang telah menyematkan fitur tersebut pada produknya adalah Xiaomi.


Bagi anda pengguna HP / Tab Xiaomi, jika anda ingin mengaktifkan fitur kunci aplikasi yang ada pada perangkat anda, silahkan buka menu Setelan / Pengaturan pada HP anda. Kemudian cari dan sentuh pilihan Kunci Aplikasi (App lock). Selanjutnya, silahkan pilih semua aplikasi yang ingin anda kunci. Setelah itu, sentuh tombol Atur Password (Set Password). Terakhir, silahkan gambar pola yang ingin anda jadikan sebagai kunci aplikasi anda.

Catatan : Silahkan anda tap ikon Setelan yang ada pada Kunci Aplikasi jika suatu saat anda ingin mengubah pola pengaman anda.

Jika anda menggunakan perangkat merk lain, anda bisa mencoba cara di bawah ini :

Masuk ke kumpulan menu / aplikasi perangkat anda > sentuh ikon titik tiga di bagian kanan atas > pilih Kunci Aplikasi (Lock Apps) > atur sandi dan pilih semua aplikasi yang ingin anda kunci.

Jika cara di atas belum ada yang berhasil diterapkan pada perangkat anda, silahkan anda gunakan cara pamungkas dan paling ampuh :D , yaitu dengan menginstal aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengunci Aplikasi pada HP / Tab Android dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Pertama – tama, anda harus mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi pengunci aplikasi dari Google Play Store pada perangkat anda. Pada tutorial ini, kami menggunakan aplikasi AppLock.

Baca juga : 3 Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik untuk Perangkat Android (Coming Soon !!)

Selanjutnya, silahkan anda buka aplikasi yang telah anda pasang.

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda akan diminta untuk membuat pola pembuka kunci.

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Gambar pola anda sekali lagi.

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Masukkan email anda dan tap tombol Simpan (Save).

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika muncul pesan seperti di bawah ini, tap OKE.

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Selanjutnya, silahkan anda pilih semua aplikasi yang ingin anda kunci. Bagi anda pengguna Android versi 5.0 ke atas, anda mungkin akan diminta untuk memberikan izin akses penggunaan pada AppLock, silahkan pilih IZINKAN, lalu AppLock, dan geser saklar ke kanan pada bagian Izinkan akses penggunaan.

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga
Perbedaan Ikon Gembok Sebelum dan Setelah Mengunci Aplikasi

Gambar untuk Cara Mengunci Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga
Langkah - Langkah Memberi Izin Akses Penggunaan pada AppLock

Selesai. Sekarang semua aplikasi yang anda pilih telah terkunci :D

Catatan : Anda bisa mengganti pengaman aplikasi anda dari pola menjadi kata sandi atau fingerprint (jika HP anda sudah support fingerprint) pada tab LINDUNGI (PROTECT) > bagian Keamanan (Security) > Pengaturan Pengaktifan (Unlock Settings).


PENUTUP

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengunci Aplikasi pada HP / Tab Android. Pastikan anda mengunci menu Setelan perangkat anda untuk mencegah orang lain mengutak atik settingan perangkat anda, termasuk menghapus aplikasi pengunci aplikasi anda.

Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon bantu kami untuk mengembangkan situs ini dengan cara SHARE (Bagikan) artikel ini ke social media anda. Jika ada hal – hal yang kurang dimengerti, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih :D

Related Posts

Cara Mengunci Aplikasi di Android dengan / tanpa Aplikasi Pihak Ketiga
4/ 5
Oleh