Jumat, 01 Juni 2018

Cara Membuat Kata Sandi / Password yang Benar (Kuat, Aman, dan Mudah Diingat)

Ilustrasi untuk Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Kuat dan Aman
Gambar : Wikimedia Commons

Kata sandi (password) adalah sebuah rangkaian karakter (huruf, angka, simbol) yang harus dimasukkan pengguna suatu akun (seperti email, facebook, instagram, dan lain sebagainya) sebelum dapat mengakses akun tersebut. Kata sandi ini sangat penting dan harus dirahasiakan agar akun kita tidak dapat diakses oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun, meski telah diberi kata sandi, sebuah akun belumlah 100 persen aman. Mengapa? Karena tingkat keamanan akun juga bergantung pada kuat atau tidak nya kata sandi akun tersebut.

Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana ciri – ciri dan cara membuat kata sandi yang kuat. Jadi, silahkan baca tulisan kami ini sampai akhir. Mudah – mudahan setelah mengikuti tips / cara membuat kata sandi yang kami berikan, akun anda akan jauh lebih aman dari tangan orang – orang jahat.

Baca juga : Cara Memulihkan Akun Google / Gmail Jika Lupa Password

Ciri - Ciri Kata Sandi (Password) yang Baik

#1 Panjang dan Rumit

Sebuah kata sandi yang baik haruslah panjang dan rumit. Semakin panjang dan rumit kata sandi yang kita buat, semakin sulit pula bagi seseorang (bahkan software pemecah sandi sekalipun) untuk menebak kata sandi kita. Oleh karena itulah beberapa layanan mengharuskan penggunanya untuk menggunakan kata sandi yang karakternya minimal 6, 8, atau bahkan lebih dari itu. Untuk menambah kerumitan kata sandi, sangat disarankan agar kata sandi tersebut terdiri atas kombinasi huruf kapital (upper case), huruf kecil (lower case), angka, dan simbol.

#2 Memiliki Arti Agar Lebih Mudah Diingat.

Meskipun kata sandi kita terdiri atas kombinasi huruf, angka, dan simbol, tapi kata sandi tersebut sebaiknya juga memiliki arti. Dengan demikian, kata sandi bisa lebih melekat di otak kita.

#3 Tidak Mudah Ditebak

Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti berikut ini :

  • katasandi
  • silakanmasuk
  • abcdefgh
  • 12345678
  • qwertyuiop

Selain kata sandi yang tertera pada contoh di atas, anda juga sebaiknya tidak menggunakan hal – hal yang bersifat pribadi (misalnya : nomor telepon, anggota keluarga, teman, atau pacar) karena hal tersebut juga sangat mungkin dicoba orang lain untuk mengakses akun anda.

#4 Belum Pernah Digunakan Sebelumnya

Selain ketiga poin di atas, anda juga disarankan untuk tidak menggunakan kata sandi yang sudah pernah anda gunakan sebelumnya karena bisa jadi sudah ada orang lain yang mengetahui kata sandi tersebut.

Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Kuat dan Aman

Langkah pertama, Silahkan tentukan kata sandi dasar anda. Kata sandi dasar tersebut sebaiknya terdiri atas 2 kata atau lebih, memiliki arti, mudah diingat, dan tidak mudah ditebak. Anda bisa mengambil kutipan dari buku, film, lagu, novel, dll. Anda juga bisa menggabungkan 2 atau lebih bahasa berbeda dalam kata sandi dasar tersebut.

Contoh kata sandi dasar yang baik : teman saya named budi

Kata teman dan saya diambil dari Bahasa Indonesia, sedangkan kata named diambil dari Bahasa Inggris. Adapun budi merupakan nama orang.

Tips : Agar lebih sulit ditebak, anda bisa menyertakan bahasa daerah (misalnya : Bahasa Bugis, Jawa, Sunda, dll) dalam kata sandi dasar anda.

Langkah kedua, hapus semua huruf vokal dan spasi dari kata sandi dasar anda.

Contoh : tmnsynmdbd

Ketiga, tambahkan angka.

Ingat, jangan menggunakan angka yang mudah ditebak (misalnya : tanggal lahir).

Contoh : tmnsynmdbd35

Anda juga bisa menyisipkan angka di antara huruf kata sandi dasar anda meskipun pada contoh di atas kami memisahkan angka dengan huruf agar lebih mudah diingat.

Keempat, tambahkan simbol atau karakter khusus.

Contoh : ^-^tmnsynmdbd35

Sebagaimana pada langkah ketiga di atas, anda juga bisa menyisipkan simbol tersebut di antara huruf atau angka yang ada pada kata sandi anda.

Kelima, ubah beberapa huruf dengan huruf kapital (upper case)

Contoh : ^-^TmnSyNmdBd35

Pada contoh di atas, kami mengubah setiap huruf pertama dari kata sandi dasar yang kami gunakan. Tujuannya sama seperti tadi, agar lebih mudah diingat.

Langkah keenam (terakhir), kalau ingin sandi anda lebih kuat lagi, silahkan tulis ulang kata sandi sampai mencapai limit. Misalnya, kata sandi anda hanya terdiri atas 15 karakter, sedangkan jumlah karakter maksimal yang dibolehkan yaitu 20 karakter. Maka, anda bisa mengetik ulang kata sandi anda sampai mencapai limit tersebut.

Contoh : ^-^TmnSyNmdBd35^-^Tm

Agar lebih aman, pada saat anda mengetik ulang kata sandi, ubah huruf kapital menjadi huruf kecil, begitu pun sebaliknya.

Contoh : ^-^TmnSyNmdBd35^-^tM

Selesai.


Tips Menjaga Kerahasiaan Kata Sandi (Password)

#1 Jangan catat kata sandi anda

Jika anda mencatat kata sandi anda, ada kemungkinan orang lain dapat menemukan catatan tersebut. Dan apabila itu terjadi, maka bocorlah kata sandi anda.

#2 Jangan beri tahu siapapun mengenai kata sandi anda

Jika memang anda terpaksa harus memberitahu kata sandi anda kepada orang lain, lebih baik anda ubah dulu sandi anda tersebut dengan kata sandi sementara. Kalau tidak sempat, segera ubah kata sandi anda setelah digunakan orang lain.

#3 Hati – hatilah pada saat mengetik kata sandi anda

Ketika mengetik kata sandi, pastikan tidak ada orang yang iseng mengintip kata sandi anda.

#4 Hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun sekaligus

Setiap layanan atau situs memiliki tingkat keamanan yang berbeda – beda. Di antara beberapa layanan yang anda gunakan, bisa jadi ada 1 (atau bahkan lebih) yang rendah tingkat keamanannya. Dan, jika seseorang berhasil mengetahui kata sandi yang anda gunakan pada layanan yang rendah tingkat keamanannya, bisa saja ia akan mencoba untuk menggunakan kata sandi tersebut pada layanan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa layanan atau akun sekaligus. Setidaknya, gunakanlah kata sandi dasar yang berbeda beda untuk setiap akun.

Contoh :

^-^TmnSyNmdBd35^-^tM untuk layanan email;

^-^BdLksRmbtn35^-^bD untuk akun Facebook; dan

^-^BtSyDNt35^-^bTsYd untuk akun Instagram.

#5 Gantilah kata sandi secara berkala (minimal sekali dalam 3 bulan)

Meskipun belum ada gejala yang terlihat, tapi tidak menutup kemungkinan telah ada seseorang yang mengetahui kata sandi anda. Oleh karena itu, mengganti kata sandi secara berkala sangat dianjurkan.


PENUTUP DAN SARAN

Demikianlah artikel Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Kuat dan Aman ini.

Jika anda kesulitan mengingat semua kata sandi anda, anda bisa menggunakan fitur Smart Lock yang disediakan oleh Google. Dengan fitur tersebut, anda bisa menyimpan semua kata sandi anda sehingga anda tidak perlu selalu memasukkan kata sandi setiap hendak menggunakan suatu layanan atau akun, bahkan jika layanan atau akun tersebut diakses dari perangkat lain.

Catatan : Untuk dapat memanfaatkan fitur Smart Lock Google, anda harus menggunakan Google Chrome dan login dengan akun Google anda.

Untuk mempelajari selengkapnya mengenai fitur Smart Lock tersebut, silahkan klik link berikut:


Harap berhati – hati jika hendak login menggunakan komputer atau layanan wifi umum karena orang lain bisa saja mencuri kata sandi anda melalui kedua hal tersebut.

Khusus untuk akun Google, selain menggunakan kata sandi yang kuat, aktifkan pula fitur Verifikasi 2 langkah nya agar jauh lebih aman. Akun Google harus anda proteksi (jaga) semaksimal mungkin karena akun tersebut adalah induk dari akun – akun lainnya. Jika seseorang berhasil mengakses akun Google anda, maka ia bisa juga mengakses akun - akun anda yang lain. Ia bisa memanfaatkan akun Google anda untuk mereset kata sandi akun – akun tersebut. Oleh karena itu, segera aktifkan fitur verifikasi 2 langkah akun Google anda. Caranya bisa anda baca pada artikel berikut :


Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon bantu kami untuk mengembangkan situs ini dengan menekan tombol SHARE (Bagikan ke) Social Media yang telah disediakan. Dan jika terdapat hal – hal yang kurang dimengerti, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih :D

Related Posts

Cara Membuat Kata Sandi / Password yang Benar (Kuat, Aman, dan Mudah Diingat)
4/ 5
Oleh