Senin, 09 April 2018

Dikutip dari Situs Resmi Microsoft, Ini Dia Spesifikasi Minimum Hardware untuk dapat Menjalankan Windows 10

Ilustrasi Windows 10
Gambar : Pixabay

Windows 10 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Windows. Tampilannya yang keren nan elegan serta kemudahan navigasi yang diberikan menjadi daya tarik tersendiri. Namun, tidak semua laptop dapat menjalankan Windows 10 tersebut dengan optimal. Hanya laptop atau komputer yang memiliki spesfikasi tertentu lah yang mampu. Oleh karena itu, jika anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk menginstal Windows 10 pada laptop anda, silahkan baca dulu artikel ini sampai selesai. Pastikan laptop anda memenuhi standar spesifikasi hardware berikut ini agar Windows 10 dapat berjalan dengan optimal pada laptop anda.

Spesifikasi Minimum Hardware untuk Dapat Menjalankan Windows 10

Spesifikasi Hardware Minimum untuk Menginstal Windows 10

Setelah mengetahui spesifikasi hardware yang diperlukan untuk menjalankan Windows 10, silahkan cek laptop anda apakah sudah memenuhi syarat atau belum.

Cara Cek Spesifikasi Laptop / Komputer

Untuk mengetahui spesifikasi laptop anda, silahkan buka DirectX Diagnostic Tool. Di situ anda dapat melihat beberapa informasi mengenai laptop anda seperti processor, memory (RAM), DirectX Version, dan lain sebagainya. Berikut 2 cara untuk membuka DirectX Diagnostic Tool tersebut :

#1   Cara Pertama

Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menampilkan jendela program Run, kemudian ketik dxdiag dan tekan Enter.

Cara cek spesifikasi laptop atau komputer (tampilan program run)

Cara cek spesifikasi laptop atau komputer (tampilan Directx Diagnostic Tool)

#2   Cara Kedua

Ketik dxdiag pada fitur pencarian, lalu silahkan klik item dxdiag yang muncul pada list hasil pencarian.

Cara cek spesifikasi laptop atau komputer

Cara cek spesifikasi laptop atau komputer (tampilan Directx Diagnostic Tool)

Sekarang anda sudah mengetahui spesifikasi minimum hardware untuk menginstal Windows 10, serta cara mengecek spesifikasi laptop / komputer anda. 

Namun, perlu anda ketahui bahwa beberapa fitur Windows 10 mungkin tidak dapat anda gunakan jika laptop anda belum mendukung fitur tersebut. Oleh karena itu, Silahkan anda baca beberapa poin di bawah ini (dikutip dari situs resmi Microsoft) untuk mengetahui apa saja sih persyaratan untuk dapat menjalankan fitur – fitur tertentu pada Windows 10.

Baca juga :

Persyaratan Tambahan untuk Dapat Menggunakan Fitur Tertentu

  • Untuk menginstal Windows 64 bit, processor harus mendukung CMPXCHG16b, PrefetchW, dan LAHF/SAHF.
  • Untuk memaksimalkan kinerja Speech Recognition (pengenal suara), diperlukan microphone dengan kualitas jempolan.
  • Windows Hello membutuhkan kamera inframerah untuk pengenal wajah atau pembaca sidik jari yang mendukung Windows Biometric Framework.
  • Untuk menggunakan fitur touch (sentuhan), dibutuhkan layar yang mendukung multi-touch.
  • Beberapa game (permainan) dan program mungkin memerlukan graphics card (kartu grafis) yang kompatibel dengan DirectX 10 (atau yang lebih tinggi) untuk dapat berjalan dengan optimal.
  • Miracast membutuhkan display adapter yang mendukung WDDM (Windows Display Driver Model) 1.3, serta Wi-Fi adapter yang mendukung Wi-Fi Direct.
  • Wi-Fi Direct Printing memerlukan Wi-Fi adapter yang mendukung Wi-Fi Direct dan perangkat yang mendukung Wi-Fi Direct Printing.
  • Secure Boot (boot aman) memerlukan firmware yang mendukung UEFI v2.3.1 Errata B dan memiliki Microsoft Windows Certification Authority (Otoritas Sertifikasi Microsoft Windows) pada database UEFI tersebut.
  • Beberapa pengelola (admin) IT mungkin mengaktifkan Secure Logon (Ctrl + Alt + Del) sebelum anda masuk ke halaman login. Bagi pengguna tablet, anda bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Power. Oleh karena itu, dalam hal ini diperlukan tablet yang memiliki tombol Windows.
  • InstantGo hanya dapat berjalan pada komputer yang dirancang untuk Connected Standby.
  • Enkripsi perangkat memerlukan InstantGo dan TPM 2.0.
  • BitLocker To Go membutuhkan edisi Windows 10 Pro dan flash drive.
  • BitLocker memerlukan edisi Windows 10 Pro / Enterprise serta TPM (Trusted Platform Module) 1.2 / 2.0 atau sebuah flash drive.
  • Client Hyper-V memerlukan sistem 64 bit dengan kemampuan Second Level Address Translation (SLAT) serta 2 GB tambahan memori / RAM (pada edisi Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise).
  • Otentikasi 2 faktor memerlukan penggunaan PIN, Biometrik (pembaca sidik jari atau kamera inframerah), atau ponsel yang mendukung fitur Wi-Fi atau Bluetooth.
  • Continuum tersedia untuk semua edisi Windows 10. Silahkan hidupkan dan matikan Tablet Mode pada Action Center. Jika perangkat anda merupakan perangkat hyrid (2-in-1) dengan indikator GPIO dapat diatur agar bisa masuk ke Tablet Mode secara otomatis.
  • Continuum for mobile (untuk ponsel) hanya tersedia untuk ponsel ponsel tertentu. Monitor eksternal yang digunakan juga harus support (mendukung) HDMI.
  • Akun Microsoft diperlukan untuk dapat menggunakan fitur – fitur tertentu.
  • Jumlah aplikasi yang dapat di snap (ditampilkan berdampingan) bergantung pada resolusi minimum aplikasi – aplikasi tersebut.
  • Aplikasi Xbox belum tersedia di semua negara. Selain itu, anda juga harus memiliki akun Xbox live untuk dapat menggunakannya.
  • Cortana baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat, Bahasa Inggris, Cina, Perancis, Italia, Jerman, Brasil, Meksiko, Jepang, Kanada, Spanyol, Australia, dan India.
Demikianlah persyaratan yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur – fitur yang ada pada Windows 10. Adapun poin – poin berikut ini merupakan hal penting yang perlu anda ketahui sebelum menginstal atau mengupgrade ke Windows 10.

Catatan Penting Sebelum Menginstal / Mengupgrade ke Windows 10

  • Edisi Windows 10 Home akan melakukan update secara otomatis jika pembaruannya tersedia. Adapun untuk Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise, proses update nya dapat ditunda, tapi (khusus Windows 10 Pro) hanya dalam jangka waktu tertentu.
  • Kalau hardisk anda memiliki kapasitas yang kecil sehingga tidak cukup ruang untuk mengupgrade ke Windows 10, anda mungkin akan diminta untuk menghapus file – file yang tidak penting. Anda akan diberi instruksi nantinya pada saat melakukan upgrade.
  • Adapun jika ruang hardisk anda cukup tapi tinggal menyisakan sedikit ruang setelah proses upgrade, anda juga bisa menghapus file – file yang tidak penting ataupun file Windows yang lama (akan terhapus otomatis 10 hari setelah melakukan upgrade).
  • Versi Windows yang dapat melakukan upgrade ke Windows 10 hanyalah Windows 7 SP1 atau Windows 8.1. 
  • Beberapa aplikasi akan tetap ada pada laptop anda setelah proses upgrade, dan beberapa akan terhapus. Aplikasi anti-malware (misalnya) tidak akan terhapus selama itu up-to-date (terkini) dan kompatibel (cocok) dengan Windows 10. Kalau tidak kompatibel, akan dihapus tapi pengaturan aplikasi yang telah anda buat tetap tersimpan sehingga dapat diterapkan kembali jika sudah ada versi dari aplikasi tersebut yang kompatibel dengan Windows 10. Adapun jika aplikasi tersebut memang sudah tidak up-to-date, maka Windows juga akan menghapusnya kemudian mengaktifkan Windows Defender Antivirus.
  • Beberapa aplikasi dari produsen perangkat (OEM) mungkin juga terhapus.
  • Untuk beberapa aplikasi pihak ketiga, mungkin akan dipindai oleh Aplikasi Get Windows 10 apakah cocok atau tidak. Jika ditemukan masalah yang dapat mencegah upgrade, anda akan diberi notifikasi mengenai aplikasi yang bermasalah tersebut dan diminta persetujuan untuk menghapusnya.

Beberapa Aplikasi atau Fitur yang Akan Terhapus Setelah Menginstal / Mengupgrade ke Windows 10

  • Reader app (Aplikasi pembaca file PDF, XPS, dan TIFF) akan dihentikan untuk Windows 10 Fall Creators Update 2017 dan di atasnya. Untuk menggantikannya, Microsoft menganjurkan untuk menggunakan Microsoft Edge untuk membuka file PDF, Windows XPS Viewer untuk membuka file XPS, serta Windows Photos untuk memuka file TIFF.
  • Windows Media Center akan terhapus setelah menginstal Windows 10. Meski demikian, bagi anda yang sebelumnya menggunakan Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 8 Pro, ataupun Windows 8.1 Pro, Windows 10 akan menggantinya dengan Windows DVD Player. Namun, aplikasi tersebut hanya dapat digunakan sementara. Selanjutnya anda harus membeli aplikasi tersebut untuk dapat menggunakannya kembali. (Catatan : Windows DVD Player akan diinstal setelah Windows berhasil melakukan update untuk pertama kalinya.)
  • Windows Journal akan terhapus setelah menginstal Windows 10 Anniversary Update sehingga anda tidak lagi bisa membuka atau mengedit file – file berekstensi .JNT atau .JNP. Untuk menggantikan Windows Journal, Microsoft menganjurkan anda untuk menggunakan OneNote.
  • Windows Media Digital Rights Management (WMDRM) tidak lagi didukung pada Windows 10 Anniversary Update. Jadi, setelah menginstal update tersebut, anda tidak akan bisa lagi memutar musik atau video yang dilindungi oleh teknologi ini pada perangkat anda.
  • Fungsi MDM (Mobile Device Management) tidak akan tersedia pada edisi Windows 10 Home.
  • Gadget desktop Windows 7 akan terhapus setelah menginstal Windows 10
  • Game (permainan) Solitaire, Minesweeper, dan Heart akan terhapus setelah menginstal Windows 10. Untuk menggantikannya, Microsoft telah merilis Microsoft Solitaire Collection dan Microsoft Minesweeper.
  • Kalau anda memiliki floppy drive, anda perlu mengunduh driver terbaru dari Windows Update atau dari situs produsen perangkat anda
  • Jika Anda menginstal Windows Live Essentials pada perangkat anda, aplikasi OneDrive akan terhapus dan diganti dengan inbox version OneDrive.
  • OneDrive tidak mendukung fitur placeholder files pada Windows 10. Pada Windows 8.1, pengguna dapat melihat dan mengelola file mereka yang tersimpan pada OneDrive melalui fitur placeholder tersebut meski sebenarnya file tersebut tidak tersimpan pada perangkat yang digunakan. Untuk Windows 10, pengguna bisa memilih folder mana yang ingin disinkronkan dengan OneDrive.
  • Homegroup: fitur ini tetap dapat digunakan pada perangkat yang telah diinstalkan Creators Update. Meski demikian, fitur ini akan ditinggalkan seiring dengan dirilisnya fitur – fitur seperti Share Printers, Share files in File Explorer, Stream media in Xbox 360.

Setelah membaca semua informasi di atas, silahkan anda install atau upgrade Windows 10 pada laptop anda / komputer anda. Demi kenyamanan anda, anda akan disarankan untuk mengupgrade ke versi Windows 10 yang mirip dengan versi Windows anda sebelumnya. Misalnya, jika anda menggunakan Windows 7 Home Premium, anda akan diarahkan untuk upgrade ke Windows 10 Home.


Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon untuk menekan tombol SHARE (Bagikan ke) social media agar artikel ini juga dapat dibaca oleh teman – teman dan kerabat anda. Jangan lupa pula untuk meninggalkan komentar anda pada kolom yang telah disediakan di bawah. Terima kasih :D

Related Posts

Dikutip dari Situs Resmi Microsoft, Ini Dia Spesifikasi Minimum Hardware untuk dapat Menjalankan Windows 10
4/ 5
Oleh