Senin, 09 April 2018

Cara Menginstal Windows XP pada Laptop / Komputer (Lengkap + Gambar)

Ilustrasi Windows XP
Gambar : Flickr

Hai tekno lovers !!!

Setelah membahas cara menginstal Windows 7, 8, serta 10, kali ini KupasTekno akan mengupas tuntas langkah – langkah menginstal Windows XP pada laptop / komputer. Memang sih versi Windows ini sudah lumayan jadul, namun masih banyak juga yang tetap setia dengan Windows XP tersebut. Alasannya beragam. Ada yang menggunakan Windows XP karena mudah dioperasikan, ada juga yang karena tampilannya tidak membingungkan, ringan, dan lain – lain. Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya jika kami tidak membahas Windows XP tersebut.

Namun, seperti biasa, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

Pertama, spesifikasi hardware komputer anda harus memenuhi syarat minimum untuk dapat menjalankan Windows XP dengan optimal (Processor berkecepatan 233 MHz, RAM / memory 64 MB, VGA Card 8 MB dengan resolusi 800 x 600, dan ruang kosong pada hardisk 1,5 GB). Namun sebenarnya, kami merasa poin pertama ini sudah kurang relate (sesuai) untuk dibahas karena hampir semua komputer / laptop jaman now :D sudah dibekali dengan spesifikasi yang bahkan jauh melebihi syarat minimum Windows XP.

Kedua, siapkan DVD installer (DVD yang berisi file Windows) anda. Atau anda juga bisa menginstal Windows dengan menggunakan flashdisk. Caranya bisa anda baca pada link (tautan) berikut :


Ketiga, jika yang akan diinstalkan Windows XP adalah laptop, pastikan daya baterainya cukup sampai proses penginstalan selesai. Akan fatal akibatnya jika laptop mati di tengah – tengan proses instalasi. Jadi, kalau anda ragu apakah daya baterai laptop anda cukup atau tidak, sebaiknya anda hubungkan saja laptop anda ke charger untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Keempat, jangan lupa untuk mengamankan data – data penting anda yang tersimpan pada partisi sistem (biasanya Volume C:), termasuk data – data anda yang ada di Desktop, Documents, Music, Pictures, dan Videos. Anda bisa memindahkannya ke partisi lain atau ke media penyimpan eksternal.

Kelima, sebaiknya catat ukuran partisi sistem pada komputer anda untuk memastikan anda tidak salah menghapus partisi nantinya pada saat hendak menginstal Windows. Kecuali kalau hardisk anda masih baru (belum ada isinya), maka hal ini tidak perlu anda lakukan.

Keenam, atur settingan BIOS pada komputer anda agar boot dilakukan lewat CD-ROM. Caranya bisa anda lihat di bawah.

Cara Setting BIOS

Pertama – tama, komputer harus dalam keadaan mati. Lalu, silahkan tekan tombol power untuk menghidupkannya. Segera setelah itu, tekan tombol F1, F2, Delete, Esc, ataupun tombol lainnya (tergantung pada merk motherboard anda) untuk masuk ke BIOS Setup. Silahkan lihat pada bagian kiri bawah layar (seperti pada gambar di bawah ini) sesaat setelah anda menekan tombol power.

Cara Setting BIOS (Press to enter setup)
Gambar : Flickr
Tombol tersebut dapat ditekan berulang – ulang selama beberapa detik untuk memastikan anda berhasil masuk ke menu BIOS. Terkadang tombol tersebut juga perlu ditekan bersamaan dengan tombol Fn.

Setelah berhasil masuk, segera beralih ke tab Boot. Di sinilah anda bisa mengatur agar CD - ROM menjadi prioritas utama (first boot priority) pada saat komputer melakukan boot. Caranya yaitu dengan menempatkan opsi CD – ROM pada posisi teratas pada list (daftar) yang muncul di tab Boot tersebut. Untuk menggeser posisi CD – ROM, silahkan gunakan tombol + / - yang ada pada keyboard.

Catatan : Tidak semua komputer / laptop memiliki tampilan BIOS yang sama. Jadi, jangan heran kalau tampilan BIOS komputer anda sedikit berbeda dengan tampilan BIOS yang ada pada tutorial ini. Selain itu, cara menjadikan CD – ROM sebagai first boot priority juga tidak selalu sama. Demikian pula dengan cara menggeser posisi CD – ROM tersebut pada tab Boot. Silahkan perhatikan petunjuk yang ada pada layar (biasanya terletak di bagian bawah atau kanan). Kalau anda terkendala bahasa pada saat membaca petunjuk, silahkan gunakan kamus atau Google Translate.

Cara Setting BIOS (Tampilan BIOS)
Contoh Tampilan Menu BIOS (Gambar : Flickr)

Cara Setting BIOS (Boot Priority)
Gambar : Flickr

Jika telah selesai mengatur settingan BIOS / Boot, silahkan masukkan DVD installer anda, kemudian tekan F10 untuk menyimpan perubahan yang anda buat tadi, lalu tekan Enter pada pilihan Yes ketika muncul pertanyaan konfirmasi. 

Cara Setting BIOS (Exit and Save Configuration)
Gambar : Flickr
Setelah itu, komputer akan melakukan reboot, dan proses penginstalan Windows XP pun akan segera dimulai.


Langkah – Langkah Menginstal Windows XP

Setelah melakukan poin – poin penting di atas, tibalah saatnya kita masuk ke proses penginstalan Windows XP. Apabila di dalam proses instalasi nanti komputer anda melakukan restart sampai beberapa kali, anda jangan panik.!!! Itu adalah hal normal dalam melakukan pemasangan software (termasuk Windows).

Sebagaimana yang kami jelaskan tadi bahwa komputer akan melakukan reboot setelah anda menyimpan perubahan konfigurasi BIOS Setup. Jadi, anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini :

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Press any key to boot from)
Gambar : Microsoft
Pada tahap ini, silahkan anda tekan salah satu tombol yang ada pada keyboard komputer anda.

Selanjutnya, silahkan tunggu sampai muncul tulisan WELCOME TO SETUP. Tekan Enter untuk melanjutkan.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Welcome to Windows Setup)
Gambar : buildeasypc.com
Pada halaman Windows XP Licensing Agreement, tekan F8. Itu artinya anda menyetujui aturan dari Windows XP.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Windows XP Licensing Agreement)
Gambar : buildeasypc.com
Kemudian, anda akan melihat list (daftar) partisi yang ada pada hardisk komputer anda. Di sini kami membagi pembahasannya ke dalam 2 kondisi. Kondisi yang pertama adalah untuk anda yang hendak menginstal Windows pada komputer / hardisk baru (belum berisi data / sistem operasi apapun), sedangkan kondisi yang kedua adalah khusus bagi anda yang sekedar ingin melakukan penginstalan ulang. Artinya, hardisk sudah pernah dipasangi sistem operasi (Windows) sebelumnya.

#1   Kondisi Pertama

Jika hardisk masih baru, anda hanya akan melihat item Unpartitioned space. Artinya, hardisk anda belum memiliki partisi. Jadi, silahkan buat (sebaiknya) minimal 2 partisi, yaitu partisi untuk sistem operasi Windows dan partisi untuk file – file pribadi anda nantinya. 

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Membuat Partisi)
Gambar : buildeasypc.com
Pertama, kita buat dulu partisi sistemnya. Caranya yaitu, silahkan tekan tombol C keyboard pada item Unpartitioned Space. Kemudian, ketik ukuran partisi yang anda inginkan pada bagian Size. Masukkan nilainya dalam satuan MB bukan GB (1 GB = 1024 MB). Untuk partisi sistem, mungkin 15 - 20 GB sudah cukup. Tapi, kembali lagi pada kebutuhan anda, silahkan anda sesuaikan sendiri.

Setelah mengetik ukuran partisi yang anda inginkan, silahkan tekan Enter. Sekarang anda telah selesai membuat 1 partisi. 

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Membuat Partisi)
Gambar : buildeasypc.com
Silahkan buat lagi minimal 1 partisi dengan cara yang sama.

Catatan : Gunakan tombol arah pada keyboard untuk menggerakkan pointer / penyorot.

Apabila anda telah selesai membuat partisi pada hardisk anda, silahkan sorot partisi sistem, dan tekan Enter untuk menginstal Windows pada partisi tersebut.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Memilih Partisi Tujuan Instalasi Windows)
Gambar : buildeasypc.com

#2   Kondisi Kedua

Jika hardisk / komputer anda sudah pernah dipasangi sistem operasi (Windows) namun anda ingin melakukan penginstalan ulang, silahkan hapus dulu partisi sistem operasi anda. Pertama, sorot partisi tersebut, kemudian tekan tombol D untuk menghapusnya. Silahkan gunakan tombol arah untuk menggerakkan pointer / penyorot.

HATI – HATI PADA TAHAP INI !!!

Salah memilih partisi bisa menyebabkan data – data penting anda terhapus. Gunakan catatan yang telah anda buat tadi. Pastikan ukuran partisi sistem yang anda catat sama dengan ukuran partisi yang akan anda hapus. Selain itu, anda bisa mengetahui mana yang merupakan partisi sistem dengan memerhatikan posisinya pada list partisi. Biasanya, partisi sistem berada di atas partisi – partisi lainnya.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Menghapus partisi sistem)
Gambar : buildeasypc.com
Setelah anda yakin mana yang merupakan partisi sistem operasi (Windows) dan telah menekan tombol D untuk menghapusnya, maka akan muncul peringatan The partition you tried to delete is a system partition, silahkan tekan Enter untuk melanjutkan. 

Lalu, tekan L pada halaman You asked setup to delete the partition. Sekarang, partisi sistem anda telah terhapus dan berubah menjadi Unpartitioned Space.

Untuk membuat partisi sistem yang baru, silahkan sorot item Unpartitioned space. Kemudian, tekan tombol C pada keyboard. Lalu, ketik ukuran partisi sistem anda pada bagian Size. Gunakan satuan MB bukan GB (1 GB = 1024 MB). Setelah itu, tekan Enter maka partisi sistem anda yang baru telah berhasil dibuat.

Selanjutnya, pastikan pointer menyorot item partisi sistem yang baru anda buat. Dan tekan Enter untuk menginstal Windows XP pada partisi tersebut.

APA LANGKAH SELANJUTNYA?

Setelah memilih partisi tujuan instalasi, anda akan diarahkan untuk memformat partisi tersebut. Silahkan pilih Format the partition using the NTFS file system, lalu tekan Enter.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Format paritisi)
Gambar : buildeasypc.com
Ketika proses format selesai, file Windows kemudian disalin dari media installer ke hardisk. Lalu, komputer akan melakukan restart.

Catatan : Bagi anda yang membaca artikel ini sebagai lanjutan dari artikel Cara Menginstal Windows Lewat Flashdisk, jangan dulu cabut flashdisk anda pada tahap ini. Tidak seperti ketika menginstal Windows 7, 8, atau 10, anda baru boleh mencabut flashdisk setelah berhasil masuk ke tampilan desktop.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Jangan menekan tombol apapun pada saat komputer melakukan restart (meskipun pada layar muncul tulisan Press any key to boot from ....). Anda hanya harus menunggu sampai muncul tampilan seperti di bawah ini :

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Silahkan klik Next.

Kemudian isi kolom Name dan Organization sesuai keinginan anda, dan klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Silahkan masukkan product key Windows XP anda. Anda boleh mengosongkannya jika belum memilikinya saat ini. Kemudian klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Jika muncul pesan error, klik No.

Catatan : Jika anda menginstal Windows XP SP3, anda belum akan diminta untuk memasukkan product key pada saat proses instalasi. Anda bisa memasukkannya setelah proses instalasi selesai.

Selanjutnya, isi kolom computer name (nama komputer) sesuai keinginan anda. Kalau anda ingin memberi password pada komputer anda, silahkan isi kolom administrator password, dan confirm password (konfirmasi password). Lalu klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com

Kemudian silahkan atur Date & Time (Tanggal dan Waktu) serta Time zone (Zona Waktu) komputer anda, dan klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Setelah itu, komputer akan menyempurnakan instalasi Windows XP anda. Anda harus menunggu lagi sampai muncul tampilan seperti di bawah ini.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Pilih Typical Settings, lalu klik Next.

Kemudian pilih No, this computer is not on a network,..... dan isi kolom di bawahnya sesuai keinginan anda (bisa disamakan dengan nama komputer). Klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Jika muncul kotak dialog Display Settings, klik OK. Windows akan mengatur otomatis resolusi tampilan layar komputer anda. Silahkan klik OK sekali lagi kalau anda sudah mampu membaca dengan jelas tulisan yang ada pada kotak dialog Monitor Settings.

Pada halaman Welcome to Microsoft Windows, klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Pilih Not right now pada halaman Help protect your PC, kemudian klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Selanjutnya, anda akan ditanya Will this computer connect to the Internet directly, or through a network. Pilih saja No, this computer will connect directly to the Internet. Lalu klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Pilih lagi No, not of this time pada halaman Ready to register with Microsoft?, dan klik Next.

Setelah itu, ketik kembali nama pengguna pada kolom Your name. Adapun kolom lainnya hanya opsional. Lalu, klik Next.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com
Sekarang proses instalasi Windows XP anda telah selesai. Untuk masuk ke tampilan Desktop, klik tombol Finish. Jika tadi anda mengatur password untuk komputer anda, silahkan masukkan password tersebut, kemudian Enter atau klik tombol panah.

Langkah Langkah Menginstal Windows XP
Gambar : buildeasypc.com

Langkah Langkah Menginstal Windows XP (Tampilan Desktop Windows Xp)
Contoh Tampilan Desktop Windows XP (Gambar : buildeasypc.com)


PENUTUP

Demikianlah cara menginstal Windows XP pada laptop / komputer. Segera instal driver komputer anda agar performanya optimal. Biasanya driver dikemas dalam bentuk CD dan sepaket dengan komputer pada saat membelinya. Jika anda tidak memiliki CD tersebut, anda bisa mendownload driver tersebut dari internet. Jangan lupa pula untuk mengembalikan prioritas boot komputer anda seperti semula (dari CD-ROM atau USB Flashdisk kembali ke Hardisk / HDD).

Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon untuk menekan tombol SHARE (Bagikan ke) social media agar teman – teman dan kerabat anda juga dapat membaca artikel ini. Tinggalkan pula komentar anda, baik berupa pertanyaan maupun berupa kritik yang membangun. Terima kasih :D

Related Posts

Cara Menginstal Windows XP pada Laptop / Komputer (Lengkap + Gambar)
4/ 5
Oleh