Senin, 09 April 2018

Cara Menginstal Windows 10 pada Laptop / Komputer (Beserta Gambarnya)

Ilustrasi Windows 10
Gambar : Flickr

Hai tekno lovers !!!

Kali ini kita akan mengulas mengenai versi terbaru dari sistem operasi Windows. Anda pasti sudah tahu kan apa yang kami maksud di sini? 

Ya, tepat sekali. Windows 10.

Sebagai versi Windows paling mutakhir (setidaknya sampai artikel ini diterbitkan), Windows 10 telah mengadopsi kelebihan – kelebihan serta menutupi beberapa kekurangan dari versi Windows sebelumnya. Windows 10 menawarkan tampilan yang super keren layaknya Windows 8, namun tetap mudah dioperasikan seperti halnya Windows 7. Jadi, bisa dibilang Windows 10 ini adalah perpaduan antara Windows 7 dan Windows 8.

Baiklah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menginstal Windows 10, berikut beberapa poin yang perlu anda perhatikan :

Pertama, pastikan laptop / komputer anda mampu menjalankan Windows 10 dengan baik. Untuk mengeceknya, silahkan baca artikel tentang spesifikasi minimum laptop untuk menginstal Windows 10.

Kedua, perlu diingat bahwa Windows 64 bit (x64) hanya dapat berjalan pada processor tipe 64 bit juga. Adapun Windows 32 bit (x86) dapat berjalan pada processor tipe 32 bit maupun 64 bit.

Ketiga, siapkan DVD installer anda (DVD yang berisi file Windows 10). Atau, anda juga bisa menggunakan flashdisk sebagai media installer. Silahkan baca cara menginstal Windows 10 dengan menggunakan flashdisk pada link (tautan) berikut :


Keempat, pastikan pula daya baterai laptop anda cukup sampai proses instalasi Windows selesai, karena akan fatal akibatnya jika laptop mati di tengah – tengah proses instalasi. Kalau anda ragu, lebih baik hubungkan saja laptop anda ke charger selama melakukan penginstalan.

Kelima, amankan data – data penting anda yang tersimpan pada partisi sistem (biasanya Volume C:), termasuk data – data yang ada pada Desktop, Downloads, Documents, Music, Picture, dan Videos, karena semua data atau file yang ada pada partisi sistem akan terhapus pada saat menginstal Windows 10. Jadi, silahkan pindahkan data anda ke partisi lain atau ke media penyimpanan eksternal.

Keenam, sebaiknya catat ukuran partisi sistem anda untuk memastikan anda tidak salah format partisi nantinya pada saat menginstal Windows. Kecuali kalau hardisk anda masih baru (belum ada isinya), maka hal ini tidak perlu anda lakukan.

Ketujuh, jadikan CD – ROM sebagai prioritas booting laptop anda melalui menu BIOS. Caranya bisa anda baca di bawah ini.

CARA SETTING BIOS

Untuk masuk ke BIOS Setup, pertama – tama laptop anda harus dalam keadaan mati. Selanjutnya, nyalakan laptop dengan menekan tombol power. Kemudian, segera tekan tombol Delete, F1, F2, Esc, atau pun tombol lainnya (tergantung merk laptop / motherboard). Biasanya, tombol untuk masuk ke menu BIOS dapat dilihat pada bagian kiri bawah layar (seperti pada gambar di bawah ini) sesaat setelah menekan tombol power. 

Cara Setting BIOS
Gambar : Flickr
Tombol tersebut boleh ditekan berulang – ulang selama beberapa detik untuk memastikan anda berhasil masuk ke menu BIOS. Pada beberapa jenis laptop, terkadang tombol tersebut juga perlu dikombinasikan dengan tombol Fn.

Setelah berhasil masuk ke menu BIOS, silahkan beralih ke tab Boot. Di sinilah anda bisa mengatur agar laptop dapat melakukan boot dari CD – ROM. Caranya yaitu dengan menempatkan CD – ROM pada posisi teratas list (daftar) yang muncul. Untuk menggesernya ke posisi teratas, silahkan gunakan tombol + / - pada keyboard.

Catatan : Tidak semua laptop memiliki tampilan BIOS yang sama. Jadi, anda jangan heran kalau tampilan BIOS laptop anda berbeda dengan yang ada pada artikel ini. Demikian pula dengan cara mengatur agar CD-ROM menjadi prioritas boot (first boot priority), terkadang ada sedikit perbedaan. Jika itu terjadi, silahkan anda ikuti saja petunjuk yang ada pada layar. Dan apabila anda kurang mengerti karena terkendala bahasa, silahkan gunakan kamus atau Google Translate.

Cara Setting BIOS
Gambar : Flickr

Cara Setting BIOS
Gambar : Flickr
Setelah mengatur settingan BIOS, silahkan masukkan DVD installer anda, dan simpan perubahan yang telah anda buat dengan menekan tombol F10, kemudian Enter pada pilihan Yes ketika muncul pertanyaan konfirmasi.

Cara Setting BIOS
Gambar : Flickr

LANGKAH – LANGKAH INSTALASI WINDOWS 10

Setelah melakukan hal – hal di atas dengan benar, tibalah kita pada pembahasan utama yaitu cara menginstal Windows 10 pada laptop / komputer.

Sebagaimana yang kami jelaskan tadi bahwa apabila anda telah selesai mengatur settingan BIOS dan menyimpannya dengan menekan F10, maka laptop akan melakukan reboot. Pada tahap ini, anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Silahkan tekan salah satu tombol yang ada pada keyboard.

Kemudian, pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Adapun kolom lainnya, tidak perlu anda ubah pengaturannya. Lalu, klik Next.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Selanjutnya, klik tombol Install now.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Anda akan diminta untuk memasukkan product key. Product key tersebut biasanya terdapat pada sampul DVD installer. Silahkan ketik product key Windows 10 anda pada kolom yang telah disediakan. Lalu, klik Next. Namun, jika anda belum memiliki product key, silahkan pilih Skip / I don’t have a product key.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Kemudian centang kotak pilihan I accept the license terms, dan klik Next.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Pilih Custom: Install Windows only (advanced).

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Selanjutnya, anda akan melihat list (daftar) partisi laptop / hardisk anda. Pada tahap ini kita bagi menjadi 2 kondisi. Silahkan baca kondisi pertama jika hardisk anda masih baru dan belum pernah dipasangi sistem operasi, sedangkan kondisi kedua khusus untuk anda yang hendak menginstal Windows pada hardisk yang sudah pernah dipasangi sistem operasi (Windows) sebelumnya.

#1   Kondisi Pertama (Laptop / Hardisk Baru)

Jika hardisk masih baru, tentu saja belum memiliki partisi. Jadi, anda hanya akan melihat Unallocated Space pada list yang muncul. Sekarang, yang harus anda lakukan adalah membagi ruang hardisk menjadi beberapa partisi (minimal 2). 

Pertama, kita buat dulu partisi untuk sistem Windows. Silahkan klik tulisan Unallocated Space tadi, dan klik tombol New yang ada di bawah tabel partisi. Jika ada tidak menemukan tombol New tersebut, coba klik Drive options (advanced) untuk menampilkannya. 

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer (membuat partisi)
Gambar : Microsoft Community
Setelah mengklik tombol New, silahkan anda isi kolom Size dengan ukuran partisi yang anda butuhkan. Untuk kebutuhan standar, biasanya 60 -100 GB sudah cukup. Sisanya bisa anda alokasikan untuk partisi lainnya. Oh ya, masukkan ukuran partisi yang anda inginkan dalam bentuk MB, bukan GB (1 GB = 1024 MB).

Setelah mengetik ukuran yang anda inginkan, silahkan klik Apply

Pada tahap ini, anda sudah berhasil membuat 1 partisi. Jika muncul pertanyaan seperti di bawah ini, klik saja pilihan OK

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer (membuat partisi)
Gambar : Microsoft Community
Lalu, silahkan anda buat lagi partisi yang lain sebagai tempat penyimpanan data – data pribadi anda nantinya. Caranya sama dengan membuat partisi sistem. Tinggal ukurannya yang anda sesuaikan.

Setelah selesai membuat partisi, saatnya kita menginstal Windows 10. Klik partisi sistem operasi yang telah anda buat, lalu klik Next.

#2 Kondisi Kedua (Hardisk sudah pernah diinstalkan sistem operasi)

Jika hardisk anda sudah berisi sistem operasi (Windows) tapi anda hendak melakukan penginstalan ulang, silahkan klik partisi sistem operasi anda (biasanya Drive 0 Partition 2). 

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer (memformat partisi)
Gambar : Microsoft Community

Harap berhati – hati pada tahap ini, karena salah memilih partisi bisa menyebabkan data – data penting anda terhapus. Untuk menghindari hal tersebut, bukalah catatan yang telah anda buat tadi. Cocokkan ukuran yang ada pada catatan anda dengan ukuran partisi yang muncul pada list. Selain itu, anda juga bisa mengidentifikasi partisi sistem anda dengan memperhatikan posisi dan tipe partisi. Partisi sistem operasi haruslah bertipe PRIMARY, dan biasanya berada pada posisi lebih tinggi daripada partisi bertipe primary lainnya. 

Setelah yakin mana yang merupakan partisi sistem operasi anda, silahkan klik partisi tersebut, kemudian klik tombol Format yang ada di bawah list partisi. Jika anda tidak menemukannya, coba klik Driver Options (advanced) untuk menampilkan tombol format tersebut. Apabila setelah mengklik tombol Format muncul pertanyaan konfirmasi, klik saja OK. Selanjutnya, silahkan klik kembali partisi sistem operasi anda untuk menginstal ulang Windows, kemudian klik Next.

KEMUDIAN, APA LANGKAH SELANJUTNYA?

Pada tahap ini proses instalasi Windows telah dimulai.

Catatan : Jika terjadi error, berarti ada masalah dengan memori laptop anda. Dan apabila Windows melakukan restart, anda jangan heran. Itu normal.

Bagi anda yang membaca artikel ini sebagai lanjutan dari artikel Cara Menginstal Windows dengan Menggunakan Flashdisk, silahkan anda tunggu sampai proses Getting files ready for installation mencapai 100%. Setelah mencapai 100%, maka tak lama lagi Windows akan menghitung mundur selama 10 detik. Pada saat menghitung mundur tersebut, segera cabut flashdisk anda. Kalau tidak, proses instalasi akan dimulai dari awal. Kemudian, silahkan tunggu sampai proses instalasi Windows selesai.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Adapun bagi anda yang menginstal Windows dari DVD, anda tidak perlu melakukan atau menekan tombol apapun sampai proses instalasi Windows selesai (meskipun muncul pesan Press any key to boot from ....).

Jika Windows telah terpasang secara sempurna, terkadang Windows akan kembali meminta anda memasukkan Product key. Jadi, silahkan masukkan product key anda, kemudian klik Next. Namun, jika anda belum memiliki product key tersebut, silahkan klik Do this later.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Selanjutnya, Windows akan menampilkan beberapa pengaturan default yang akan berlaku pada laptop anda. Kalau anda setuju dan tidak ingin repot – repot mengubah pengaturan tersebut, silahkan pilih tombol Use Express Settings. Adapun kalau anda ingin menentukan pengaturan anda sendiri, silahkan klik tombol Customize, maka Windows akan memberikan beberapa pertanyaan kepada anda.

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community
Setelah mengatur settingan laptop anda, Windows akan menanyakan, “Who own this PC?” (Siapa yang punya laptop / komputer ini). Silahkan anda klik tombol jawaban I own it (Milik saya sendiri).

Kemudian, anda akan diminta untuk login dengan menggunakan akun Microsoft pada halaman Make it yours, klik saja Skip this step untuk melewati langkah ini.

Selanjutnya, silahkan isi nama pengguna pada kolom Who is going to use this PC? Dan, kalau anda ingin memberikan password pada laptop anda, silahkan isi 3 kolom yang ada pada bagian Make it secure. Kolom pertama dan kedua diisi (Password dan Reenter password) dengan password yang anda inginkan, sedangkan kolom ketiga (Password hint) diisi dengan petunjuk mengenai password anda (membantu anda jika lupa password). Namun, jika anda merasa tidak membutuhkan password, silahkan anda kosongkan ketiga kolom pada bagian make it secure tersebut. Setelah itu, klik Next, dan anda akan segera masuk ke tampilan desktop Windows 10 anda :D

Cara menginstal windows 10 pada laptop / komputer
Gambar : Microsoft Community

Tampilan desktop windows 10
Contoh Tampilan Desktop Windows 10 (Gambar : Microsoft Community)
Selesai.




PENUTUP


Demikianlah artikel cara menginstal Windows 10. Segera instal driver laptop anda agar kinerjanya lebih maksimal. Biasanya, driver dikemas dalam bentuk CD pada saat laptop dibeli. Namun, jika anda memiliki CD tersebut, anda bisa mengunduhnya (download) sendiri dari internet. Dan ada juga beberapa laptop yang tidak perlu lagi dipasangi driver secara manual karena sudah terintegrasi langsung dengan sistem.

Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon untuk mengklik / menekan tombol SHARE (bagikan ke) social media agar teman - teman dan kerabat anda juga dapat membaca artikel ini. Jangan lupa pula untuk meninggalkan komentar pada kolom yang telah kami sediakan di bawah. Terima kasih :D

Related Posts

Cara Menginstal Windows 10 pada Laptop / Komputer (Beserta Gambarnya)
4/ 5
Oleh