Rabu, 14 Maret 2018

Penyebab Komputer / Laptop Tiba – Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI LAPTOP TIBA TIBA MATI SENDIRI
Gambar : Flickr

Pernahkah anda sedang asyik bermain game, internetan, atau apapun itu, tapi kemudian laptop anda mati secara tiba – tiba? Jika ya, maka anda perlu membaca artikel ini sampai akhir.

Karenaa....

Di sini kupastekno.com akan menguraikan beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop anda tiba – tiba mati sendiri beserta cara untuk mengatasinya.


Laptop yang suka mati sendiri biasanya disebabkan oleh overheat (terlalu panas). Atau bisa juga karena terdapat komponen yang rusak. Jika hal ini terjadi, segeralah ambil tindakan. Jangan berlama – lama. Karena jika tidak langsung diatasi, dikhawatirkan komponen yang lain pun ikut rusak gara – gara laptop sering mati sendiri.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya anda pastikan dulu apakah benar laptopnya yang mati atau hanya layarnya yang memang tidak bekerja dengan baik. Untuk memastikannya, anda bisa melihat lampu indikator yang ada pada laptop anda. Jika tidak menyala, berarti masalah bukan pada layar monitornya.

Silahkan baca beberapa poin di bawah ini untuk menganalisis kira - kira mengapa laptop anda sering tiba – tiba mati sendiri.

Baca juga : Sudah Tahukah Anda Cara Menghidupkan dan Mematikan Laptop / Komputer yang Benar?

Kesalahan dalam Memilih Alas Laptop

LAPTOP TIBA TIBA MATI SENDIRI
Gambar : Pexels
Salah satu hal yang dapat menyebabkan laptop mati secara tiba – tiba adalah alas laptop yang salah. Mengalasi laptop dengan barang – barang yang empuk semisal bantal, kasur, atau sofa dapat mengganggu sirkulasi udara. Akibatnya panas terjebak di dalam laptop, dan terjadilah overheat. Karena terlalu panas, maka secara otomatis laptop akan mati dengan sendirinya.

Untuk menghindari terjadinya overheat tersebut, sebaiknya anda gunakan alas yang rata dan keras. Lebih baik lagi jika anda mengalasi laptop anda dengan cooling pad. Karena dengan alat tersebut, sirkulasi udara bisa lebih cepat.

Kipas Processor Tidak Bekerja dengan Baik

Kipas Processor
Gambar : Wikipedia
Kipas processor terletak di dalam rumah processor. Fungsi dari kipas ini adalah untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor tersebut. Nah, jika kipas ini rusak atau sudah tidak bekerja dengan baik maka overheat pun tak terhindarkan. Jika sudah begini, maka laptop pun akan mati dengan sendirinya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, anda perlu mengganti kipas processor tersebut. Adapun jika masih berfungsi meskipun tidak maksimal, maka anda cukup membersihkannya karena biasanya hal seperti ini dipicu oleh debu.

Catatan : Kesalahan pada saat membongkar laptop dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, anda perlu extra hati - hati. Bila perlu, mintalah pengawasan orang yang lebih ahli dalam mengutak – atik laptop / komputer. Atau jika memiliki budget yang cukup, lebih baik anda bawa laptop anda ke tempat servis.

Overload

Bermain Game di Laptop / Komputer
Gambar : Wikimedia Commons
Penyebab lain dari laptop yang mendadak mati adalah menjalankan program yang terlalu berat (overload) untuk laptop itu sendiri. Misalkan, bermain game berat pada laptop biasa. Padahal game – game berat mustinya hanya dijalankan pada laptop yang memang dibuat khusus untuk aktifitas gaming atau biasa disebut laptop gaming.

Solusinya adalah gunakan laptop anda secara bijak. Jangan memaksakan laptop untuk melakukan pekerjaan yang tidak sesuai kemampuannya jika anda ingin laptop anda awet dan tahan lama. Atau jika anda memiliki badget (dana) lebih, sebaiknya anda upgrade komponen laptop anda sesuai dengan kebutuhan aplikasi atau program yang rutin anda jalankan.

RAM Bermasalah

RAM
Gambar : Pixabay
RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara untuk program yang sedang berjalan pada laptop. Oleh karena itu, jika komponen yang satu ini bermasalah, maka laptop tidak akan dapat digunakan sama sekali. Masalah yang terjadi pada RAM biasanya juga dipicu oleh debu dan kotoran.

Untuk mengatasinya, silahkan lepas terlebih dahulu RAM tersebut. Kemudian bersihkan lempengan tembaganya dengan penghapus pensil. Gunakan penghapus berwarna putih dan bersih. Setelah itu, silahkan pasang kembali RAM pada posisi semula. Hati – hati !!! Usahakan lempengan yang telah dibersihkan tidak terkontaminasi lagi dengan kulit untuk menghindari lempengan tersebut kotor kembali. Jika RAM telah dibersihkan namun masalah belum terpecahkan, maka kemungkinan anda perlu mengupgrade (meningkatkankan spesifikasi) RAM anda.

Pasta Processor Kering

Processor
Gambar : Wikipedia
Pasta processor memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menghambat panas yang dihasilkan oleh processor agar tidak masuk ke heatsink. Adapun jika pasta ini kering (biasanya terjadi pada laptop yang sudah berumur), maka tidak ada lagi yang dapat menahan panas menuju ke heatsink yang pada akhirnya membuat laptop mati secara tiba – tiba. Apabila masalah ini dibiarkan, bukan tidak mungkin processor anda akan rusak.

Oleh karena itu, anda perlu segera membeli thermal pasta yang baru di toko komputer terdekat. Harganya sekitar 20 – 100 ribu rupiah. Setelah itu, silahkan anda lepas heatsink dan kipas yang menempel pada processor anda. Kemudian, bersihkan bekas pasta yang lama dengan menggunakan lap. Gunakan lap yang bersih, lembut dan kering. Barulah setelah itu anda bisa mengoleskan thermal pasta yang telah anda beli pada bagian yang telah dibersihkan. Tidak perlu tebal, yang penting merata.

Sistem Operasi Bermasalah

Windows Bermasalah
Gambar : Wikimedia Commons
Penyebab selanjutnya dari laptop yang suka mati sendiri secara tiba – tiba adalah adanya masalah pada sistem operasi. Hal ini biasanya dipicu oleh program yang tidak terinstal dengan sempurna atau terdapat driver yang bentrok (crash). Selain itu, masalah ini juga bisa dipicu oleh virus. Virus tersebut dapat membuat file system menjadi corrupt atau terhapus sehingga menimbulkan masalah pada sistem operasi.

Adapun cara mengatasinya yaitu dengan meng-uninstal program yang menurut anda tidak terinstal dengan benar. Setelah itu, silahkan instal kembali program tersebut. Namun, sebelum itu anda perlu memastikan apakah program tersebut memang kompatibel dengan sistem operasi anda atau tidak. Jika tidak, jangan dipaksakan. Apabila cara ini tidak berhasil, anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan merestore sistem operasi pada laptop anda.

Baterai Usang

Baterai Laptop
Gambar : Flickr
Laptop yang sering mati sendiri juga bisa disebabkan oleh kondisi baterainya. Dalam kondisi normal, biasanya muncul notifikasi (pemberitahuan) apabila baterai telah low (lemah). Dan bila tidak dihiraukan, laptop akan melakukan hibernate. Namun, apabila kondisi baterai sudah mulai menurun, maka laptop bisa saja langsung melakukan hibernate tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Bahkan, jika kondisi baterai laptop anda benar – benar sudah aus atau usang, maka laptop bisa tiba – tiba mati tanpa sempat melakukan hibernate.

Adapun cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti baterai yang telah usang tersebut. Atau jika anda belum memiliki budget yang cukup untuk membeli baterai, anda tetap bisa menggunakan laptop anda tapi harus terus terhubung dengan charger.


PENUTUP

Itulah ke – 7 penyebab komputer / laptop tiba - tiba mati sendiri beserta cara mengatasinya.

Baca juga : Cara Cepat Mematikan dan Merestart Laptop / Komputer dengan Keyboard

Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya hindari menggunakan atau menaruh laptop anda pada tempat yang rentan terkena debu. Selain itu, anda perlu mempertimbangkan untuk meminta pengawasan dari orang yang telah ahli pada saat membongkar laptop anda.

Mudah – mudahan artikel ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan anda. Mohon untuk menekan tombol SHARE (Bagikan ke) social media agar artikel ini dapat dibaca oleh teman – teman dan kerabat anda. Jangan lupa pula untuk meninggalkan komentar jika terdapat hal – hal yang kurang jelas atau terdapat kesalahan pada penulisan artikel ini. Terima kasih :D

Related Posts

Penyebab Komputer / Laptop Tiba – Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

2 komentar

3 Juli 2018 09.03 delete

Makasih mas info nya kebetlulan lagi cari cara buat benerin laptop adek
Dipakai pemakaian normal nyala tapi kalo udah pake maen game
selang waktu beberapa menit langsung mati sendiri..

Udah beli kipas buat di taro dibawah laptop juga masih kadang mati
satu satu nya cara lagi kayanya harus bongkar trus dicoba tips diatas ini..
bersihin debu dll. mudah"an bisa nih

Reply
avatar
9 Juli 2018 18.00 delete

Selamat mencoba mas. Mudah - mudahan berhasil :D

Reply
avatar