Minggu, 18 Maret 2018

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error atau Tidak Berfungsi

Ilustrasi Keyboard Laptop Error atau Tidak Berfungsi
Gambar : Pixabay
Salah satu fungsi utama dari sebuah laptop ataupun komputer yaitu untuk mengetik dokumen, entah itu tugas sekolah, kantor, maupun yang lainnya. Oleh karena itu, tentu kita membutuhkan keyboard yang baik sebagai media penginput data.

Namun, adakalanya keyboard laptop yang kita gunakan mengalami kendala, seperti adanya tombol yang tidak berfungsi, karakter yang dihasilkan tidak sesuai dengan tombol yang ditekan, atau keyboard tersebut tidak dapat terdeteksi. Permasalahan – permasalahan tersebut bisa terjadi karena adanya masalah pada hardware (dalam hal ini adalah keyboard), dan bisa juga karena sotware yang bermasalah.

Untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut, berikut kami uraikan 10 cara memperbaiki keyboard laptop yang error atau tidak berfungsi.

Baca juga : Cara Cepat Mematikan dan Merestart Laptop / Komputer dengan Keyboard

Bersihkan Kotoran – Kotoran Kecil yang Menempel

Salah satu penyebab mengapa keyboard laptop tidak berfungsi adalah adanya kotoran – kotoran kecil yang menempel pada keyboard, entah itu debu, sisa – sisa makanan, maupun kotoran – kotoran lainnya. Kotoran tersebut dapat mengganjal tombol keyboard sehingga tombol tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Pada kondisi ini, biasanya hanya sebagian tombol yang bermasalah, sedangkan tombol yang lain masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk mengembalikan fungsi tombol keyboard seperti semula, anda perlu membersihkan kotoran – kotoran tersebut dengan cara memiringkan laptop sekitar 70 – 90 derajat seraya sedikit menggoyangkannya. Namun, sebelum itu laptop perlu dimatikan terlebih dahulu.

Setelah itu, anda bisa menggunakan selotip untuk membersihkan sisa - sisa debu yang menempel pada keyboard. Anda juga bisa meniupkan udara di sela – sela tombol keyboard, atau gunakan pembersih khusus (misalnya : vacum kecil).

Ilustrasi Membersihkan Keyboard Laptop dengan Vacuum
Gambar : Flickr
Sekarang, silahkan anda hidupkan laptop anda dan cek apakah tombol keyboard yang error tadi sudah kembali berfungsi seperti semula.

Jika belum berhasil, maka sepertinya tombol keyboard tersebut perlu dilepas agar dapat dibersihkan bagian bawahnya dengan kain halus atau cotton bud yang telah diberi sedikit alkohol. Setelah itu, keringkan dan pasang kembali tombol keyboard ke posisi semula.

Pada saat melepas tombol keyboard, anda harus berhati – hati. Jangan sampai ada bagian sirkuit yang patah. Hal ini seharusnya hanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, jika anda ragu, sebaiknya anda bawa saja laptop anda ke tempat servis.

Lepas Baterai (Reset)

Ilustrasi melepas baterai laptop
Gambar : Flickr
Masalah keyboard yang sebagian tombolnya tidak dapat berfungsi juga dapat diatasi dengan melakukan reset. Pertama – tama, laptop harus dalam keadaan mati. Setelah itu, silahkan lepas baterai laptop anda, begitupun dengan kabel charger. Kemudian diamkan selama 1 menit. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol power selama 60 detik. Dan terakhir, pasang baterai laptop anda kembali.

Restart Laptop

Ilustrasi Restart Laptop
Gambar : Pxhere
Kadangkala tombol keyboard awalnya dapat berfungsi dengan baik, namun secara tiba – tiba tidak dapat berfungsi sama sekali.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, coba anda restart laptop anda. Jika laptop tidak dapat direstart dengan prosedur normal, silahkan anda tekan dan tahan tombol power sampai laptop benar – benar mati. Setelah itu, barulah anda hidupkan kembali laptop anda.

Restore Windows

Adapun jika semua tombol keyboard mengalami error setelah anda menginstal aplikasi baru atau setelah anda mengubah pengaturan yang ada pada laptop anda, maka anda bisa memperbaikinya dengan melakukan restore windows.

Untuk masuk ke System Restore, anda bisa memilih salah satu dari 2 poin berikut :
  1. Klik Start. Kemudian ketik System Restore pada kolom pencarian, dan klik item System Restore dari hasil pencarian tersebut.
  2. Tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik rstrui.exe pada jendela program Run, dan tekan Enter.
Langkah - langkah membuka system restore pada laptop
Gambar untuk poin A
Langkah - langkah membuka system restore pada laptop
Gambar untuk poin B
Setelah masuk ke System Restore, silahkan ikuti instruksi yang ada sampai proses restore selesai.

Terakhir, restart laptop anda.

Update Driver Keyboard

Penyebab lain dari tidak berfungsinya tombol keyboard yaitu adanya masalah pada driver keyboard tersebut. Untuk memastikannya, silahkan cek pada Device Manager laptop anda dengan cara mengklik Start, ketik Device Manager pada kolom pencarian, kemudian klik item Device Manager dari hasil pencarian tersebut.
Langkah - langkah membuka device manager melalui fitur pencarian
Langkah - langkah membuka Device Manager melalui fitur pencarian
Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + R, ketik devmgmt.msc pada jendela program Run, dan tekan Enter.

Langkah - langkah membuka device manager melalui program run
Langkah - langkah membuka Device Manager melalui program Run
Setelah itu, akan muncul list (daftar) semua hardware yang ada pada laptop anda. Klik 2x pada pilihan keyboard untuk memunculkan driver untuk keyboard tersebut. Jika terdapat peringatan (ditandai dengan adanya ikon segitiga berwarna kuning beserta tanda seru di dalamnya), itu berarti ada masalah pada driver laptop anda.

Ilustrasi tampilan driver yang bermasalah pada device manager

Untuk mengupdate driver tersebut, anda bisa mengunjungi situs resmi produsen laptop anda, kemudian download dan instal driver dari website tersebut ke laptop anda. Selain itu, anda juga bisa melakukannya langsung dari Device Manager dengan cara mengklik kanan pada driver yang perlu diupdate. Kemudian, klik Update Driver Software, lalu Search Automatically for Updated Driver Software.

Langkah - langkah mengupdate driver pada device manager

Periksa Connector

Apabila cara – cara di atas belum ada yang berhasil, maka ada kemungkinan connector keyboard mengalami kerusakan, tertekuk, renggang, ataupun terlepas. Akibatnya, keyboard tidak terdeteksi, dan semua tombol pun tidak dapat berfungsi.

Untuk membetulkannya, keyboard laptop harus dibuka. Cara membuka atau melepas keyboard laptop biasanya berbeda – beda. Hal tersebut bergantung pada merk laptop tersebut (Asus, Acer, HP, ataupun merk lainnya). Silahkan anda cari tutorial lengkapnya di YouTube. Namun, seperti halnya pada poin pertama di atas, sebaiknya anda jangan melakukannya sendiri jika anda ragu.

Nonaktikan Num Lock

Ilustrasi tombol numlock
Gambar : Pxhere
Adapun jika masalah keyboard yang anda alami adalah adanya perbedaan antara tombol yang anda tekan pada keyboard dengan karakter yang muncul pada layar, maka dapat dipastikan bahwa Num Lock keyboard laptop anda dalam posisi aktif.

Pada kasus ini, anda tidak bisa mengetik huruf tertentu karena karakter yang dihasilkan pada saat menekan tombol huruf tersebut malah berupa angka. Kondisi ini biasanya terjadi karena secara tidak sengaja kita menekan kombinasi tombol tertentu sehingga Num Lock pada keyboard menjadi aktif.

Untuk menonaktifkannya, tekan tombol Fn + NumLk secara bersamaan. Num Lock pada beberapa laptop juga dapat dinonaktifkan dengan cara menekan tombol Caps Lock + NumLk. Jika kedua kombinasi tombol tersebut tidak berhasil, silahkan tanyakan kepada Customer Support produsen laptop anda untuk mengetahui cara menonaktifkan Num Lock pada laptop anda.

Bawa ke Tempat Service

Ilustrasi Servis Laptop / Komputer
Gambar : Pixabay
Sebagaimana yang telah kami nyatakan pada poin nomor 1 dan 6 bahwa sebaiknya anda bawa saja laptop anda ke tempat servis jika anda ragu membongkarnya sendiri. Terlebih lagi jika laptop anda masih dalam masa garansi, maka anda bisa mengklaim garansi ke service center resmi produsen laptop anda.

Gunakan Keyboard Eksternal

Contoh Keyboard Eksternal
Gambar : Flickr
Jika ternyata kerusakan pada keyboard laptop anda lumayan parah sedangkan anda belum memiliki budget yang cukup untuk membeli keyboard yang baru, maka anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard eksternal. Harganya sekitar 50 ribu rupiah, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya ganti keyboard laptop.

Manfaatkan Fitur On-Screen Keyboard sebagai Solusi Jangka Pendek

Contoh tampilan virtual keyboard pada layar laptop
Contoh tampilan virtual keyboard pada layar laptop
Jika anda benar – benar sedang tidak mempunyai uang, maka anda bisa mengaktifkan fitur On-Screen Keyboard sebagai solusi sementara.

Untuk menampilkan keyboard pada layar laptop anda, silahkan klik Start. Kemudian ketik On-Screen Keyboard pada kolom pencarian, dan klik item On-Screen Keyboard dari hasil pencarian tersebut maka keyboard virtual pun akan muncul pada layar laptop anda.

Langkah - langkah menampilkan virtual keyboard melalui pencarian
Langkah - langkah menampilkan virtual keyboard melalui pencarian
Selain cara tersebut, anda juga bisa menampilkan keyboard virtual dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik osk.exe pada jendela program Run, dan tekan Enter.

Langkah - langkah menampilkan virtual keyboard melalui program Run
Langkah - langkah menampilkan virtual keyboard melalui program Run

PENUTUP

Demikianlah 10 cara memperbaiki keyboard laptop yang error atau tidak berfungsi. Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Penyebab Komputer / Laptop Tiba - Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Mohon untuk menekan tombol SHARE (Bagikan ke) social media yang telah disediakan agar teman – teman dan kerabat anda juga dapat membaca artikel ini. Dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini atau terdapat hal – hal yang kurang jelas.
Terima kasih :D

Related Posts

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error atau Tidak Berfungsi
4/ 5
Oleh