Sabtu, 17 Maret 2018

Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman (Pola, Kata Sandi, PIN, dll)

Ilustrasi hp android yang terkunci
Gambar : Wikimedia Commons

Memberi kode pengaman pada hp android memang sangat penting. Salah satu tujuannya adalah untuk menjaga hp kita dari tangan orang - orang jahil, Namun, terkadang karena keseringan mengganti kode pengaman, kita jadi lupa kode pengaman yang aktif pada hp kita.

Nah, jika hal ini terjadi, jangan langsung melakukan factory reset atau memformat hp anda. Pada artikel ini, terdapat beberapa cara yang patut anda coba untuk membuka hp android (baik Samsung, Oppo, Xiaomi, Lenovo, Asus, maupun Evercoss) yang terkunci dengan kode pengaman tanpa harus melakukan factory reset. Oleh karena itu, data – data yang tersimpan pada hp android anda dijamin aman.

Baca juga : 7 Negara Produsen Smartphone Terbaik di Dunia. Indonesia Termasuk?

Manfaatkan Fitur Forgot Pattern / Forgot Password

Kalau android yang terkunci tersebut menggunakan OS Android 4.4 (KitKat) ke bawah, anda bisa memanfaatkan fitur Forgot Pattern / Forgot Password. Fitur ini akan muncul pada bagian bawah layar hp anda setelah memasukkan kata sandi atau pola yang salah sebanyak 5 kali. Silahkan tekan OK terlebih dahulu pada tampilan seperti di bawah ini.

Fitur Forgot Pattern / Forgot Password

Lalu, untuk menyetel ulang pola anda, tekan pilihan Forgot Pattern / Forgot Password.

Fitur Forgot Pattern / Forgot Password

Kemudian, masuklah dengan akun Gmail yang aktif pada android anda.

Fitur Forgot Pattern / Forgot Password

Setelah itu, sebuah email dari Google akan masuk ke akun anda. Pada email tersebut, anda dapat melihat pola atau kata sandi yang aktif pada android anda. Selain itu, anda juga diberi pilihan untuk mengatur ulang pola anda.

Masuk ke Safe Mode

Contoh tampilan dalam mode aman (safe mode)
Contoh Tampilan dalam Mode Aman (Safe Mode)
Jika anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci Android anda, maka anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi problem lupa kata sandi.

Pertama, anda harus masuk ke Safe Mode. Tiap merk smartphone memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk ke Safe Mode. Silahkan anda search langsung di Google untuk mengetahui cara untuk masuk ke Safe Mode hp anda.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, maka kunci dari aplikasi pihak ketiga tidak akan berfungsi. Sekarang, segera uninstal (Copot Pemasangan) aplikasi pihak ketiga yang anda gunakan untuk mengunci hp anda.

Terakhir, silahkan restart hp android anda untuk keluar dari Safe Mode.

Buat Lock Screen Mengalami Crash

Cara ini hanya dapat digunakan oleh anda yang androidnya memiliki OS Android 5.0 dan OS Android 5.1.1 (Lollipop).

Pertama, pilih opsi Emergency Call.

Tekan tombol bintang sebanyak mungkin sampai batas maksimum. Untuk lebih mudahnya, anda bisa menekan tombol bintang tersebut setidaknya 10 kali. Copy (Salin) kesepuluh tanda bintang tersebut, dan Paste (Tempel) terus sampai limit (batas) nya tercapai.

Tampilan Emergency Call (Panggilan Darurat)

Setelah itu, kembali ke layar kunci dan buka shortcut kamera.

Nah, pada tahap ini, anda bisa menarik tirai notifikasi yang ada pada bagian atas layar android anda. Di situ, anda bisa menemukan ikon Setting (Pengaturan). Klik ikon tersebut maka anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi.

Paste tanda bintang yang telah anda salin sebelumnya pada kolom password tersebut. Paste terus sampai kunci layar mengalami crash. Jika ini berhasil, maka anda sudah bisa mengakses seluruh antarmuka yang ada di android anda.


PENUTUP DAN SARAN

Demikianlah cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman tanpa menghapus datanya. Jika cara di atas tidak ada yang work (bekerja) di hp anda, maka anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan factory reset. Berikut langkah – langkahnya :

Pertama, pastikan daya baterai hp anda cukup sampai proses reset selesai.

Setelah itu, silahkan masuk ke Recovery Mode. Caranya berbeda - beda, bergantung pada merk hp android anda.

Kemudian, arahkan pointer ke pilihan Wipe Data / Factory Reset dengan menggunakan tombol volume. Lalu, tekan tombol power.

Contoh Tampilan Recovery Mode pada Saat Melakukan Factory Reset

Selanjutnya pilih Yes – Delete all user data, masih dengan menggunakan tombol volume dan power. Pada tahap ini, proses reset telah dimulai.

Contoh Tampilan Recovery Mode pada Saat Melakukan Factory Reset

Jika telah selesai, silahkan anda pilih Reboot System Now maka data pada HP android anda kembali bersih seperti baru.

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya jangan terlalu sering mengganti kode pengaman di hp android anda agar masalah seperti ini tidak terulang kembali.

Selain itu, buatlah kode pengaman yang susah dihafal oleh orang lain. Saya pribadi lebih memilih untuk menggunakan deretan angka sebagai kode pengaman saya karena lebih sulit dihafal oleh orang yang iseng mengintip kode pengaman kita. Deretan huruf sangat mudah terbaca sebagai suatu kesatuan kata sehingga perlu dihindari. Atau, jika ke depannya anda berniat mengganti hp anda, sebaiknya anda memilih hp yang sudah mendukung fitur fingerprint (sidik jari) agar orang lain tidak dapat membuka hp anda tanpa izin.

Baca juga : 20+ Aplikasi Terbaik yang Patut Anda Coba Agar Android Anda Lebih Keren, Canggih, dan Bermanfaat

Terakhir, jika anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon bagikan ke teman – teman anda melalui tombol SHARE (Bagikan ke) social media yang telah disediakan. Selain itu, jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini atau terdapat hal – hal yang kurang jelas, silahkan tuliskan komentar anda pada kolom yang ada di bawah artikel ini. Terima kasih :D

Related Posts

Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman (Pola, Kata Sandi, PIN, dll)
4/ 5
Oleh

1 komentar:

21 Maret 2018 23.19 delete

What a nice info. Very helpfull

Reply
avatar