Jumat, 23 Februari 2018

11 Aplikasi Pengganti Tombol Fisik (Power, Home, Volume, Back, dll) pada HP Android

ILUSTRASI TOMBOL HOME, RECENT, DAN BACK PADA ANDROID
Gambar : Pixabay

Meski dalam beberapa tahun terakhir telah diperkenalkan tombol navigasi Android, nyatanya sampai saat ini beberapa merk android terkenal masih setia menggunakan tombol fisik pada produk keluaran mereka. Beberapa vendor yang masih bertahan dengan tombol fisik ini di antaranya adalah Samsung, Asus, dan Xiaomi.

Tak dapat dipungkiri bahwa tombol navigasi (home, recent, dan back) fisik lebih berpotensi mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan tombol navigasi yang menyatu dengan layar / onscreen.

Apabila salah satu tombol telah rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka tentu dapat mengganggu kenyamanan anda.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kali ini kupastekno.com telah membuat list (daftar) 11 Aplikasi Pengganti Tombol Fisik yang dapat anda pasang di hp android kesayangan anda. Bagi anda yang tombol navigasinya masih normal pun sebaiknya memasang aplikasi tersebut agar tombol fisik hp android anda tidak gampang rusak.


Softkey Enabler

Tampilan Softkey Enabler
Google Play

Kupastekno.com menempatkan aplikasi Softkey Enabler pada posisi pertama karena aplikasi ini menawarkan tombol navigasi virtual yang sangat mirip dengan tombol navigasi bawaan android baik dari segi posisi maupun formasinya.



Tombol pengganti yang ditampilkan oleh aplikasi ini terdiri atas tombol Home, Recent Applications, dan tombol Back. Ketiga tombol tersebut terletak di bagian bawah layar hp.

Karena kemiripannya dengan tombol fisik yang ada pada hp android anda, maka anda tidak akan kaku lagi menggunakan tombol pengganti yang ditampilkan aplikasi Softkey Enabler tersebut.

Navigation Bar – NavBar

Tampilan Navigation Bar - NavBar
Google Play

Aplikasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Navigation Bar – NavBar.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah anda dapat meletakkannya di mana saja sesuai selera anda.

Pada pengaturan default, aplikasi ini terdiri atas 5 tombol navigasi yaitu tombol home, notification, recent , back, dan lock screen. Anda dapat menyembunyikan tombol yang tidak anda inginkan serta mengubah urutan tombol – tombol yang ditampilkan.

Button Savior Non Root

Tampilan Button Savior Non Root
Google Play

Aplikasi Button Savior Non Root ini bisa dibilang merupakan pelopor aplikasi tombol. Aplikasi ini telah ada sejak dulu sebelum aplikasi – aplikasi sejenis bermunculan.

Yang istimewa dari aplikasi ini adalah anda tidak memerlukan akses root untuk dapat memasang aplikasi ini. Anda cukup mengubah pengaturan aksesibilitas yang ada pada hp android anda.

Adapun pilihan tombol yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup lengkap. Mulai dari tombol standar seperti Home, Recent, dan Back sampai pada tombol – tombol tambahan lainnya semisal Volume, Screen Off, Camera, dan Call.

Simple Control

Tampilan Simple Control
Google Play

Sama halnya dengan aplikasi Button Savior di atas, Simple Control juga tidak memerlukan akses root untuk dapat digunakan pada hp android.



Adapun keunggulan dari aplikasi ini adalah tampilannya yang sangat simpel dan enak dipandang. Tombolnya hanya terdiri atas Home, Recent, dan Back.

Simple Pie

Contoh Tampilan Simple Pie
Google Play

Simple Pie merupakan Simple Control dalam versi lingkaran. Maksudnya adalah, tombol navigasinya simpel seperti yang ada pada aplikasi Simple Control namun ditampilkan dalam bentuk lingkaran.

Pie Control

Contoh Tampilan Pie Control
Google Play

Jika Simple Pie merupakan versi lingkaran dari Simple Control, maka Pie Control ini adalah bentuk lingkaran dari Navigation Bar.

Sebagaimana aplikasi Navigation Bar di atas, aplikasi Pie Control juga memungkinkan penggunanya untuk meletakkan bar navigasi di mana saja.

Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi Navigation Bar adalah bentuknya. Jika Navigation Bar menampilkan tombol navigasinya secara vertikal, maka Pie Control memberikan tampilan dalam bentuk lingkaran.

Bar navigasi dari aplikasi ini terdiri atas tombol Home, Recent, Back, ditambah dengan jam, daya baterai, dan beberapa shortcut yang bisa anda tentukan sendiri. Bar navigasi tersebut dapat diletakkan di bagian kiri layar, kanan, atas, bawah, bahkan di pojok sekali pun.

LMT Launcher

Contoh Tampilan LMT Launcher
LMT Launcher

Bentuk tampilan aplikasi LMT Launcher mirip dengan Pie Control, hanya saja aplikasi ini menyediakan lebih banyak fitur. Jadi selain ada tombol Home, Recent, dan Back, juga terdapat fitur – fitur lainnya, seperti tombol daya, screenshot, menu, gesture, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika anda menginginkan tampilan yang sederhana, anda tentu memilih menggunakan Pie Control.

Tapi, jika yang anda inginkan adalah kelengkapan fitur, maka LMT Launcher adalah pilihan yang tepat.

Satu hal yang perlu anda catat bahwa aplikasi LMT Launcher ini memerlukan akses root untuk dapat digunakan. Jadi, bagi anda yang hp android nya belum di – root, maka anda tidak dapat menggunakan aplikasi LMT Launcher ini.

Swipe Home Button

Cara Penggunaan Swipe Home Button
Google Play

Aplikasi Swipe Home Button menawarkan cara kerja yang berbeda dengan ke – 7 aplikasi tombol yang ada di atas.

Untuk memberi perintah navigasi, alih – alih menekan tombol virtual, anda harus mengusap layar dari bawah.

Misalkan, untuk menuju ke layar home, layar diusap dari bagian bawah ke atas.

Sedangkan untuk menampilkan aplikasi terkini, silahkan usap dari bawah layar ke atas, kemudian langsung turun lagi ke bawah.

Adapun jika diusap secara diagonal (baik ke kanan maupun ke kiri), maka notifications akan terbuka.

Lantas bagaimana cara memberi perintah kembali (back)? Untuk mengaktifkan perintah back atau shortcut ke aplikasi tertentu, anda harus mengubah pengaturan terlebih dahulu.



All in One Gesture

Cara Menggunakan All in One Gesture
Google Play

Aplikasi ini mirip cara kerjanya dengan Swipe Home Button.

Yang menjadi pembeda di antara keduanya adalah perintah navigasi pada aplikasi All in One Gesture tidak hanya dapat dipicu dengan mengusap dari bawah layar, tapi dapat juga dari sisi – sisi yang lain seperti sisi kiri, kanan, atas, bahkan dari pojok sekalipun.

Selain memberikan perintah – perintah standar, anda juga dapat menangkap tampilan layar (screenshot) hanya dengan usapan tersebut.

Easy Touch

Contoh Tampilan Easy Touch
Google Play

Aplikasi Easy Touch ini mirip dengan Assistive Touch yang ada pada iPhone.

Anda cukup menekan bola pintas yang melayang di layar android anda, maka beberapa tombol navigasi pun akan muncul, seperti Home, Back, Lock Screen, dan lain – lain.

Jika kebetulan anda menggunakan android bermerk Xiaomi, anda bisa mengaktifkan fitur Bola Pintas yang ada di pegaturan HP anda. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi Easy Touch ini. Jadi, anda tidak perlu lagi mendownload aplikasi pengganti tombol.

Back Button

Contoh Tampilan Back Button
Google Play

Jika dibandingkan dengan semua aplikasi yang telah kupastekno.com paparkan di atas, aplikasi Back Button lah yang paling simpel tampilannya.

Mengapa demikian? Karena sesuai dengan namanya, aplikasi Back Button ini hanya terdiri atas 1 tombol navigasi saja, yaitu tombol Back.

Tapi, jika anda mengaktifkan fitur Long Click Action pada aplikasi ini, maka anda bisa memberi perintah Home atau Recent (tergantung mana yang anda pilih di pengaturan) dengan cara menekan lama pada tombol Back tersebut.


Demikianlah artikel tentang 11 Aplikasi Pengganti Tombol Fisik pada Hp Android.


Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon untuk menekan tombol share (bagikan) yang tersedia agar teman – teman anda pun dapat membaca artikel ini. Dan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang ada di bawah. Terima kasih :D

Related Posts

11 Aplikasi Pengganti Tombol Fisik (Power, Home, Volume, Back, dll) pada HP Android
4/ 5
Oleh